Site icon COOLKAS

Pidato Terakhir Malcolm X di Oxford: Keberanian dalam Pembelaan Kebebasan

Malcolm X. Oxford Union Debate, Dec. 3 1964

Pada bulan November 1964, Malcolm X mengakhiri tur di Afrika di mana dia mengunjungi lebih dari selusin negara. Alih-alih kembali langsung ke Amerika Serikat, dia terlebih dahulu pergi ke Paris dan kemudian ke Inggris. Di sana, dia ikut serta dalam debat di Oxford Union Society dalam salah satu penampilan publik terakhirnya sebelum dia dibunuh pada Februari berikutnya. Dia berbicara dengan mendukung mosi: “ekstremisme dalam pembelaan kebebasan bukanlah keburukan; moderasi dalam mengejar keadilan bukanlah kebajikan.”

Malcolm X berbicara tentang supremasi kulit hitam dan mendorong pemisahan antara orang kulit hitam dan kulit putih Amerika, yang berbeda dari gerakan hak sipil yang menekankan integrasi. Pada Februari 1965, tak lama setelah ia meninggalkan Nation of Islam, ia dibunuh oleh tiga anggota kelompok tersebut pada usia 39 tahun.

Selama pidatonya di Oxford pada 3 Desember 1964, ia berkata: “Kita bukan manusia jika kita tidak bersatu dan melakukan apapun yang diperlukan kapanpun dan bagaimanapun caranya agar hidup dan harta benda kita terlindungi, dan saya ragu ada orang di sini yang menolak melakukan hal yang sama jika berada di posisi yang sama.”

Pidato revolusioner Malcolm X tampaknya diterima dengan baik oleh audiens yang memberinya tepuk tangan panjang, meskipun dalam pemungutan suara akhir, pihaknya tetap kalah. Lagi pula, ini adalah Oxford Union.

Di bawah ini adalah transkrip lengkap dari debat tersebut:

Tuan Ketua, malam ini adalah pertama kalinya saya memiliki kesempatan untuk sedekat ini dengan kaum konservatif. Saya ingin berterima kasih atas undangan ke Oxford Union ini. Pembicara sebelumnya adalah contoh terbaik untuk menunjukkan bahwa kadang-kadang ekstremisme diperlukan dalam membela kebebasan. Saya tidak mengatakan ini tentang dia secara pribadi, tapi tipe itu. Dia benar, X bukan nama asli saya, tetapi jika Anda mempelajari sejarah, Anda akan tahu mengapa tidak ada orang kulit hitam di belahan bumi barat yang tahu nama aslinya. Beberapa leluhurnya menculik leluhur kami dari Afrika, membawa kami ke belahan bumi barat, dan menjual kami di sana. Nama kami dihapus, dan hingga hari ini kami tidak tahu siapa diri kami sebenarnya. Saya hanya menambahkan X untuk menghindari memakai namanya.

Tentang tuduhan apartheid yang dia kaitkan dengan saya, jelas dia telah disesatkan. Saya tidak percaya pada bentuk apartheid apa pun, saya tidak percaya pada segregasi, saya tidak percaya pada rasisme dalam bentuk apa pun. Tapi pada saat yang sama, saya tidak mendukung seseorang hanya karena kulitnya putih, dan sering kali ketika Anda menemukan orang seperti ini, mereka mencoba memberi label pada kami untuk menciptakan citra yang tidak menyenangkan bagi publik. Saya seorang Muslim, jika ada yang salah dengan itu maka saya berdiri terhukum. Agama saya adalah Islam. Saya percaya pada Allah, saya percaya pada Muhammad sebagai Rasul Allah, dan saya percaya pada persaudaraan semua manusia, tapi saya tidak percaya pada persaudaraan dengan siapapun yang tidak siap untuk mempraktikkan persaudaraan dengan kami.

Saya merasa perlu menjelaskan beberapa hal ini karena salah satu trik dari Barat adalah menciptakan citra buruk dari orang-orang yang tidak sejalan dengan pandangan mereka, lalu apa pun yang dikatakan orang itu diabaikan. Ini adalah kebijakan yang telah dipraktikkan oleh Barat dan mungkin juga dilakukan oleh orang lain jika mereka berkuasa. Selama berabad-abad terakhir, Barat telah berkuasa dan menciptakan citra serta menggunakan citra tersebut dengan sangat terampil dan berhasil.

Saya rasa satu-satunya cara untuk menentukan apakah ekstremisme dalam membela kebebasan itu dibenarkan adalah dengan tidak mendekatinya sebagai orang Amerika, Eropa, Afrika, atau Asia, tetapi sebagai manusia. Jika kita melihatnya sebagai manusia, saya ragu ada yang akan menyangkal bahwa ekstremisme dalam membela kebebasan bagi manusia mana pun adalah nilai yang baik. Kapan saja seseorang diperbudak atau dirampas kebebasannya, jika orang itu manusia, dia dibenarkan untuk menggunakan metode apapun yang diperlukan untuk mendapatkan kembali kebebasannya.

Namun sebagian besar orang biasanya menganggap ekstremisme sebagai sesuatu yang bersifat relatif. Contoh yang baik adalah Kongo, di mana pers digunakan untuk menciptakan citra kemanusiaan untuk kejahatan, atau citra setan bagi kemanusiaan. Mereka menggambarkan korban sebagai penjahat dan penjahat sebagai korban. Contoh ini adalah salah satu yang terbaik untuk menunjukkan bagaimana negara yang berkuasa dapat menggunakan medianya untuk membuat dunia menerima sesuatu yang sebenarnya kriminal sebagai hal yang dapat diterima.

Saya tidak menganjurkan ekstremisme semacam itu; itu pembunuhan berdarah dingin. Tetapi pers digunakan untuk membuat pembunuhan tersebut tampak sebagai tindakan kemanusiaan. Mereka bahkan melangkah lebih jauh dan menunjuk seorang pembunuh bernama Tshombe sebagai perdana menteri Kongo untuk memberi penghormatan, meskipun dunia mengakui dia sebagai pembunuh.

Saya bukan pendukung ekstremisme untuk jenis kebebasan semacam itu. Mereka mengambil pria ini, yang seorang pembunuh, lalu dunia mengenalinya sebagai pemimpin, didukung oleh dolar Amerika. Dan untuk menunjukkan sejauh mana dia adalah seorang pembunuh bayaran, hal pertama yang dia lakukan adalah pergi ke Afrika Selatan dan menyewa lebih banyak pembunuh.

Saya mendukung jenis ekstremisme yang dapat ditampilkan oleh pejuang kebebasan di Stanleyville terhadap pembunuh bayaran yang dibiayai oleh dolar pajak yang harus saya bayarkan di Amerika Serikat. Kami tidak mendukung ekstremisme seperti itu.

Exit mobile version